Air : Untuk Kamu, Aku & Kita Semua


Bintang di langit
Kerlip engkau di sana
Memberi cahayanya di setiap insan

Malam yang dingin
Kuharap engkau datang
Memberi kerinduan di sela mimpi - mimpinya

Melangkah sendiri di tengah gelap malam
Hanya untuk mencuri jatuh sinaran
Tak terasa sang waktu
Melewati hidupnya
Tanda pagi menjelang
Mengganti malam

Oh bintang tetaplah pastikan cahyanya
Sinari langkahku setiap saat
Bintang pun tersenyum dengarkan pintaku
Berikan kecupan di sudut tidurnya


Sepenggal lirik itu yang terlintas dikepala saya ketika saya ditanya tentang AIR, bagi remaja era 90'an pasti hafal betul Lagu "Bintang" yang dibawakan oleh AIR. Eh... Tapi... Eh... Tapi... tema lombanya bukan tentang AIR band yang tenar di era 90'an ya?! #GagalFokus. Hahahaha....

Bagi saya Air itu unsur alam yang paling penting setelah udara, bayangkan saja tubuh kita itu memiliki volume air sekitar 60% dari total berat tubuh.Dan menurut Wikipedia luas lautan adalah kurang lebih 71% dari seluruh permukaan bumi. Air itu ajaib menurut saya, manusia masih bisa bertahan hidup berhari-hari tanpa makanan, tapi tidak jika tanpa air, karena airlah sistem pencernaan dan metabolisme tubuh bekerja.




1. Pentingnya Air Untuk Aku & Kamu

Kamu, iya kamu, ngga usah nengok kebelakang. :D


Air sama dengan kelangsungan hidup kamu. Minum, memasak, mandi, mencuci, pengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan, membuang sisa-sisa metabolisme tubuh. Normalnya tubuhmu membutuhkan air 1,5 sampai 2 liter atau setara 8 gelas per hari, air itu dibutuhkan untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar baik melalui keringat atau air seni. Buat kamu para perempuan yang selalu ingin tampil dengan berat tubuh ideal, maka mencukupi kebutuhan air di pagi hari bisa menjadi salah satu solusinya.


Bukan cuma metabolisme tubuh, air itu dibutuhkan seluruh angota tubuhmu : 





- Ginjal

Fungsi air dalam kerja ginjal adalah sebagai media eliminasi sisa metabolisme , sisa metabolisme itu akan dikeluarkan oleh ginjal melalui air urine. Air mengangkut zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh untuk dikeluarkan oleh ginjal dalam bentuk urine, dehidrasi berat akan menyebabkan ginjal berhenti berfungsi, sehingga toksin atau racun menumpuk dalam tubuh. Asupan air yang cukup merupakan dasar dari kesehatan ginjal, dengan kata lain meminum air yang cukup dapat menghindarkan kita dari resiko penyakit ginjal.

- Jantung

Kekurangan asupan air menjadi penyebab turunnya volume darah yang mengakibatkan jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah  agar sel-sel tidak kekurangan oksigen. Dampaknya tubuh kita akan mudah sekali terasa lelah.

- Otak
Asupan air yang baik pada tubuh kita akan membuat daya ingat lebih tajam, para ilmuwan menyebutkan kekurangan air akan menyebabkan aliran oksigen ke area otak berkurang sehingga sel-sel saraf menyusut sementara.

- Kulit
Cairan dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kesegaran kulit agar tetap kencang dan tidak kusam. Ketika tubuh kita kekurangan asupan air, maka tubuh kita akan menyerap kandungan air yang ada di kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kurang elastis, kering, dan kusam.

Air itu penting karena menyangkut kerja semua organ di tubuh kita. Dan ingat, sayur asem emakmu pun tidak akan matang kalau tidak ada air. Hahaha....

2. Pentingnya Air Untuk Kita Semua




Air adalah unsur penting dalam kehidupan kita, bahkan awal mula terbentuknya manusiapun berawal dari setetes air, Bang Haji Rhoma Irama bilang "Setetes Air Hina".

- Sebagai Pelindung Dan Metabolisme Pada Janin
Cairannya bernama ketuban, melalui ketuban, zat-zat seperti oksigen dan makanan disalurkan kepada janin, melindungi janin dari trauma akibat benturan. Volume ketuban akan terus bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan volume air ketuban yang kurang dari volume normal disebut oligohidroamnion untuk menghindarinya cukup mudah, minum air putih dengan jumlah yang cukup. Saya tidak akan berpanjang-panjang membahas point ini, karena saya belum pernah hamil. :p

- Sebagai bagian dari fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman
Bahkan anak usia Sekolah Dasar pun tahu tanaman tidak akan tumbuh dan berkembang tanpa adanya air. Saya masih ingat betul ketika dulu di sekolah mempelajari tentang fotosintesis tanaman dimana air sebagai salah satu unsur yang berperan. Karbon dioksida diserap oleh daun melalui stomata. Jika terdapat cukup air, maka stomata akan terus terbuka. Jika kekurangan air, maka stoma akan menutup sehingga akan menghambat pengikat karbon dioksida. Kekurangan air akan menyebabkan tanaman menjadi kerdil, perkembangannya menjadi abnormal. Kekurangan yang terjadi terus menerus selama periode pertumbuhan akan menyebabkan tanaman tersebut menjadi layu dan kemudian mati.

- Sebagai Unsur Kehidupan Sosial


Saya menyebutnya begitu karena hampir di setiap kegiatan kita berhubungan dengan air. Saat baru saja terbangun dari tidur, hal pertama yang saya cari biasanya adalah air minum, pada saat perut terasa lapar yang dicari juga air (biasanya kalau pas tanggung bulan dan keuangan sudah menipis, hahaha), mau pergi nongkrong bareng teman-teman saya juga butuh air untuk mandi (ini penting nih, kalau ngga mau dijauhin teman :D). Terkadang saya juga membutuhkan air hujan, untuk menghapus luka hati dan menyamarkan air mata yang mengalir deras ketika kau tiada (Halah apa siii, yang ini di skip aja. hahahaha)


3. Air Bersih Untuk Hidup Sehat

Sudah sering kita dengar melalui media bermacam penyakit yang ditimbulkan oleh air yang kurang bersih dan tidak layak konsumsi, beberapa waktu yang lalu saya melihat berita di televisi tentang 3800 anak meninggal setiap hari akibat penyakit yang disebabkan oleh kurangnya air bersih. Ketersediaan air di muka bumi ini begitu melimpah, tapi yang layak di konsumsi sangatlah sedikit. Selain populasi manusia yang semakin sulit terbendung, kerusakan lingkungan juga menjadi salah satu faktor penyebab langkanya sumber air bersih, abrasi pantai, limbah-limbah industri yang mencemari air tanah menjadi contoh kerusakan lingkungan yang harus kita hadapi. Kualitas air di kota-kota besar di Indonesia sudah semakin memprihatinkan, seperti kota tempat saya tinggal yaitu Jakarta. Disini air akan sangat sulit dicari ketika musim kemarau tiba, dan sebaliknya air akan berlimpah ruah ketika musim penghujan datang (bahkan sampai melumpuhkan aktivitas warga kota, Banjir). Padahal kota ini dialiri oleh 13 sungai, namun perilaku warganya yang tidak disiplin, jorok dan susah diatur menjadikan air bersih dikota ini menjadi barang langka.





Perilaku manusia menjadi faktor utama menghilangnya sumber air bersih, sungai sebagai sumber air utama yang seharusnya menjadi harapan untuk mendapatkan air bersih, fungsinya sudah berubah menjadi tempat sampah raksasa yang menyebabkan pendangkalan pada sungai, air sungai menjadi keruh dan bau. Belum lagi, bangunan-bangunan liar yang berdiri di bantaran sungai sehingga menggangu aliran sungai yang berdampak pada meluapnya air ketika musim hujan tiba. Disatu sisi, kebutuhan akan sumberdaya air semakin meningkat, tapi disisi lain pencemaran terhadap sumber daya air semakin tidak terbendung, hal ini adalah konsekuensi negatif dari industrialisasi dan pertumbuhan populasi yang tidak merata, serta perilaku tidak disiplinnya warga-warga disekitar bantaran sungai.

Pemanasan Global seolah menjadi kata populer pada aktivis lingkungan hidup, tidak lain karena hal ini menjadi pemicu peningkatan suhu bumi. Sudah sering kita dengar melelehnya es dikutub dan berkurangnya ketersediaan air akibat pemanasan global. Selain itu pengelolaan air yang masih belum bisa dibilang baik, juga menjadi faktor tidak meratanya distribusi air bersih. Bayangkan saja, saudara-saudara kita yang tinggal di Indonesia Timur, setiap hari mereka menempuh jarak berkilo-kilo meter hanya untuk mencari sumber air bersih.

Oleh karena itu mari kita jaga dengan baik sumber air bersih yang masih tersedia hingga saat ini, juga bijaksana dalam penggunaan air bersih. Caranya cukup dengan hal kecil dan dimulai dari diri kita sendiri, seperti tidak membuang sampah di sungai, membatasi pemakaian air di rumah, membuat sumur resapan, Menanam pohon, dan jaga lingkungan kita demi Indonesia yang lebih sehat.




Sumber-sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Air_ketuban
http://www.artikelkesehatan99.com/minum-segelas-air-dapat-meningkatkan-kerja-otak/#
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2013/11/manfaat-minum-air-putih-pagi-hari.html
http://en.wikipedia.org/wiki/World_Ocean
http://nandarnurse.blogspot.com/2012/01/keseimbangan-cairan-dan-elektrolit.html#axzz3A9e3DhOn

No comments:

Post a Comment