Indonesia Bukan Cuma Bali

Beberapa saat yang lalu aku mendapat E-mail dari seorang teman berkewarganegaraan Sudan. Namun karena Sudan dalam kondisi konflik, saat ini dia tinggal di Dakar Senegal. Ada satu kalimat yang membuatku tertarik, kurang lebih bunyinya seperti ini :

 "Bagaimana kehidupan dinegaramu saat ini, saya yakin masih seindah dulu ketika terakhir saya berkunjung kesana. Pantai Kuta membuatku rindu, berselancar di pantai sanur, pemandangan alam yang indah di bedugul, menikmati pasir putih di tanjung benoa, atau menikmati karya-karya seni di desa ubud. Semoga Tuhan memberikan saya kesempatan lagi untuk pergi kesana."

Hmmm.... Semua yang dia ceritakan tentang pulau Bali. Padahal Indonesia dari ujung Sabang sampai Merauke memiliki keindahan alam yang luas membentang. Hanya saja mungkin kurangnya Publikasi dan promosi tempat-tempat itu, membuat para traveller lokal maupun mancanegara kurang mendapat informasi mengenai tempat-tempat wisata alam yang indah di negeri "Pak Beye" ini. Berikut ini saya coba memberi daftar destinasi wisata alam yang indah di Indonesia selain Pulau Bali.



1. Bromo Tengger Semeru National Park


Gunung Bromo

Bagi anda pecinta kegiatan alam bebas, kawasan ini tempat paling tepat untuk anda. Ada coban pelangi, air terjun dengan kilatan pelangi yang selalu terlihat di siang hari. Gunung Semeru yang menyajikan panorama alam yang menakjubkan, disana terdapat Ranukumbolo (danau di ketinggian 2400 mdpl), padang savana oro-oro ombo, kawasan hutan cemara, lembah kalimati yang dipenuhi bunga edelweis, dan tentu saja puncaknya begitu terkenal - Mahameru.

Gunung Bromo memiliki lanskap yang mirip dengan padang pasir di Timur Tengah atau juga Valley of the Moon di Chili. Puncak bukit Valley of the Moon yang berpasir vulkanik akan mengingatkan Anda dengan gunung merapi aktif di Probolinggo, Jawa Timur itu.Lekuk puncak dan pegunungannya pun tidak beda jauh. Suhu udara yang rendah tidak jauh beda dengan di pegunungan Chili.

Sering di jadikan tempat syuting Film maupun Sinetron, karena memang pemandangannya yang luar biasa.



2. Raja Ampat





Bagi pecinta wisata bahari, tempat ini menjadi tujuan wajib terutama bagi pecinta diving dan dunia bawah laut. Sering di bilang tempat wisata bahari terbaik di dunia,   pemandangan bawah laut yang memukau bisa dinikmati dengan melakukan diving. kita juga bisa berlayar menggunakan speedboat dan menikmati keindahan alam pulau-pulau di Raja Ampat. Raja Ampat adalah sebuah wilayah kepulauan di Papua, ratusan pulau tercatat masuk didalam wilayahnya. Raja Ampat ibarat sebuah Surga yang terselip di Bumi. Papua Diving, satu-satunya resor eksotis yang menawarkan wisata bawah laut di kawasan itu, didatangi turis-turis penggemar selam yang betah selama berhari-hari bahkan hingga sebulan penuh mengarungi lekuk-lekuk dasar laut.

3. Lombok

sebuah pulau di kepulauan sunda kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Wisata yang paling terkenal di Lombok adalah wisata bawah laut Gili Trawangan, ada juga Segara Anak di Taman Nasional Gunung Rinjani danau di ketinggian 2000 mdpl


Ada juga 3 Gili pulau yang terkenal hingga mancanegara juga terkenal dengan sebutan 3 NP "No pollution, no police, no policy" (Entah siapa yang membuat istilah demikian, hehehe). Di Gili ini kendaraan bermotor dilarang masuk demi menjaga kelestarian udara di sekitar pulau agar tetap fresh.Kendaraan yang tersedia antara lain seperti sepeda atau cidomo (kereta kuda).

4. Taman Nasional Kelimutu 

Masih ingat gambar danau di uang pecahan 5 ribu rupiah Jaman dulu,?! (berikut ini penampakannya)


 Itu hanya sebagian kecil keindahan danau tiga warna, yang berada di Taman Nasional Kelimutu. terdapat tiga danau kelimutu yang saling berdekatan, masing - masing berwarna biru muda, merah, dan hijau tua. keindahan danau Kelimutu begitu menarik para wisatawan baik domestik maupun asing. warna danau tersebut juga bisa berubah-ubah dari hijau tua menjadi hitam, dari biru menjadi coklat, dari hijau terang menjadi putih, dll.. tergantung suasana hati gunung Kelimutu.. hehehe.. tiga danau di Gunung Kelimutu tersebut dipercayai oleh masyarakat lokal sebagai tempat bersemayamnya roh-roh manusia yang sudah meninggal. nama masing-masing danau adalah Tiwu Ata Mbupu yang berarti Danau Jiwa Orang-Orang Tua Yang Meninggal, danau kedua bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai atau Danau Jiwa Muda-Mudi Yang Telah Meninggal, dan danau yang terakhir bernama Tiwu Ata Polo atau Danau untuk Jiwa Manusia yang selalu melakukan Kejahatan.

5.  Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken atau lebih di kenal sebagai taman laut Bunaken terletak di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken, Manado. Bunaken merupakan salah satu Taman Laut Terindah di Dunia, berbagai macam jenis ikan dan terumbu karang ada di Bunaken, menjadikannya sebagai Taman Laut yang begitu indah.. di Bunaken kita bisa menyelam, snorkling, atau berlayar dengan memakai perahu yang dilengkapi kaca di lantainya sehingga kita bisa menikmati pemandangan bawah laut dari atas perahu.


6. Jogjakarta

Kota ini juga sudah terkenal di mancanegara. Jogja, kota pelajar, kota penuh keistimewaan dengan berbagai tempat wisata didalamya, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner , wisata edukasi sampai dengan tempat hiburan yang menarik ada disini. Ada malioboro, tempat berkumpulnya seniman- seniman berbagai universitas, tempat berkumpulnya aksesori dan berbagai pernak pernik, tempat berkumpulnya wisatawan, dan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli, itulah gambaran tempat yang begitu istimewa ini.




Candi Prambanan,  Situs Candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan Sudah ditetapkan UNESCO sebagai cagar budaya dunia sejak tahun 1991. Bagunan candi yang sangat luar biasa, Struktur candi ini menggambarkan secara jelas kepercayaan dalam agama Hindu, yakni TRIMURTI maka Candi ini memiliki 3 Candi utama yang melambangkan hal tersebut.  Ketiga candi terbut adalah Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa yang semuanya menghadap ke Timur.Masing- masing candi utama memiliki satu candi pendamping yakni Garuda untuk Candi Wisnu, Angsa untuk Candi Brahma dan Nandini untuk candi Siwa. Setiap candi utama juga memiliki 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sedangkan pada halaman terdapat 224 candi. Selain itu ada juga: Pantai Parangtritis, Keraton Jogjakarta, Kaliurang, Pasar Beringharjo, atau Candi Borobudur yang terkenal itu.

7. Taman Nasional Lorentz


Mungkin belum banyak orang yang mendengar nama tempat ini. namun  Taman Nasional Lorentz sudah di tetapkan sebagai salah satu situs warisan alam dunia oleh UNESCO pada tahun 1999, merupakan salah satu dari tiga kawasan di dunia yang mempunyai salju di daerah  beriklim tropis. Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di wilayah Asia Tenggara dan Pasifik. kawasan ini mencangkup gunung, pantai, danau, hutan rimba, dll.. di sini pula terdapat salah satu dari 7 puncak tertinggi di tujuh benua (seven summits) yaitu cartenz pyramid atau oleh masyarakat lokal di sebut ndugu-ndugu (4.884 mdpl). dari sekian banyak suku pribumi yang tinggal di kawasan ini, suku yang paling terkenal adalah suku asmat.

Taman Nasional Lorentz memiliki begitu banyak tempat tempat menarik untuk di kunjungi, namun akses untuk menuju kawasan ini sangat sulit.. selain topografi dan medan yang berat, kawasan ini juga masih belum dipetakan secarah menyeluruh.. masih banyak tempat-tempat yang belum terjamah oleh manusia.

8. Bandung Selatan


Dikenal sebagai sentra kegiatan agrowisata. Disini terdapat Situ Patenggang yang merupakan sebuah danau alam yang terletak di perkebunan teh ranca bali, berjarak sekitar 47 Km dari kota Bandung. Merupakan kawasan wisata yang berudara sejuk dan segar, sangat jauh dari polusi. Di pinggir danau terdapat banyak perahu yang dapat disewa untuk wisatawan mengelilingi danau.  



Kawah Putih masih terletak di kawasan ranca bali, berjarak sekitar 44 Km dari kota Bandung atau tepatnya di desa Sugih, kecamatan Pasir Jambu. kawah putih adalah sebuah danau kawah dari gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan kadar keasaman belerang tertinggi di dunia, oleh sebab itulah pemerintah kolonial belanda pernah membangun pabrik belerang di tempat ini. Keunikan objek wisata ini adalah kawahnya yang berwarna putih, udara di sini sangat dingin bahkan bisa mencapai 0- 2 derajat celcius di musim-musim tertentu. Selain itu kita juga bisa membeli Strawberry dengan memetik langsung di kebun strawberry yang banyak terletak di Kawasan wisata ini.

9. Taman Nasional ujung Kulon

 Taman Nasional Ujung Kulon identik dengan badak jawa, memang di kawasan inilah habitat badak jawa hidup dan berkembang biak, TN Ujung Kulon memiliki tiga tipe ekosistem yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan. di sini kita bisa menyaksikan berbagai keindahan alam yang menakjubkan.. pantai-pantai di TN Ujung Kulon memberikan keindahan yang menakjubkan, selain itu juga terdapat tempat-tempat menarik lain seperti sumber air panas, air terjun, dll. kita juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang eksotis, atau berlayar dengan menyewa perahu speedboat dan mengunjungi pulau-pulau di kawasan TN Ujung Kulon.

10. Pamanukan, Subang

Yang ini adalah kampung halaman saya, masuk destinasi wisata indah karena terdapat makhluk indah didalamnya, penampakannya di bawah ini :


Hahaha.....


Barangkali ada yang mau menambahkan?!


6 comments:

  1. Yups setuju mas.. Indonesia bukan hanya Bali saja.. masih banyak tempat eksotik lainnya

    Mungkin ini menjadi salah satu tugas kita bersama sebagai blogger mas, untuk mengenalkan tempat-tempat wisata selain Bali ke khalayak dunia melalui dunia maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. mari kita beritahu dunia tentang eksotisme Indonesia :)

      Delete
  2. Subhanallah... mataku langsung terpaku! Sumpah keren banget, yang di Raja Ampat, kira teh tadi phi phi island yang di Thailand. Bener ya Indonesia itu zamrud khatulistiwa, memanjakan mata dengan bening warna alamnya. Diantara tempat wisata diatas, hanya pernah mengunjungi prambanan sekali. Lihat tangannya Roro Jonggrang yang patah gara2 ulah pengunjung iseng. Sepertinya sekarang sudah di restorasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, kita harus berbangga sebagai warganya. :)

      Delete
  3. Jangan lupa bro, keindahan pasir putih negerinya laskar pelangi (bangka belitung) good blog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang benar mas, masih banyak lagi selain tempat-tempat diatas. terima kasih masukannya!! :)

      Delete